Kantor Asuransi di Kompleks Andhika Plaza Surabaya Terbakar, Inilah Pentingnya Fire Alarm di Gedung Bertingkat

ICP News – Lantai 4 Kantor Mega Pratama General Insurance di Kawasan Kompleks Andhika Plaza Blok B3, Jalan Simpang Dukuh Surabaya dilalap api pada Selasa (24/9/2019). Titik api cepat berkembang ke sekitar pukul 11.00 WIB. Salah satu saksi mata, Putut, mengatakan dirinya tidak melihat api sama sekali dan hanya mendengar suara asing.”Saya lagi duduk di kantor, terus tiba-tiba dengar ada suara kayak percikan air dari atas. Terus pas saya cek ke belakang, ternyata di gedung sebelah sudah terlihat asap hitam mengepul,” ujar Putut.

Terlihat plafon yang tampak hangus dilumat api. Bekas hangus menghitam terpantau hampir di seluruh dinding dan plafon yang berada di lantai 4 kantor asuransi itu, dan kini telah dipasang police line. Kepala Cabang Mega Pratama General Insurance, Yudi Listianto menceritakan, awal mula pihaknya mengetahui sumber kebakaran dari laporan ruko samping kantornya karena melihat kepulan asap yang mengepung. “Tetangga sebelah menginformasikan lantai atas lagi kebakaran,” katanya saat ditemui di kantornya. Ketika mengecek secara langsung, Yudi menyebut berasal dari tumpukan ban bekas yang menumpuk di lantai 4 kantor asuransi itu. “Kita ke atas, asap sudah gelap disana,” ujarnya. Dalam peristiwa itu, sedikitnya pemadam kebakaran menurunkan 12 unit untuk memadamkan api.

Kawasan Kompleks Andhika Plaza Blok B3, Jalan Simpang Dukuh Surabaya

Gara-gara putung rokok

Selasa (24/9/2019)

Masih dalam penyelidikan

Oleh sebab itu sebuah system fire alarm dalam sebuah kantor teramat penting, apalagi kantor yang menyimpan arsip arsip berharga contohnya seperti kasus kebakaran kantor asuransi tersebut. Karena fungsi fire alarm sendiri adalah sebuah peringatan bahwa ada indikasi kebakaran. Setidaknya ketika sebuah gedung memiliki fire alarm, dan jika ada kejadian api segera diketahui.

Kasus yang terjadi disebuah perumahan maupun industry pada saat kebakaran tidak diketahui asal usulnya dari mana, selama ini yang selalu menjadi kambing hitam adalah aliran arus pendek pada sebuah instalasi listrik, belum tentu semua kejadian disebabkan oleh hubungan arus pendek. Atau paling sering, diberitakan bahwa penyebabnya adalah puntung rokok. Pengawas Gedung, tidak mungkin 24jam mengelilingi setiap sudut dan lantai, untuk itu pentingnya sebuah alat deteksi dini yang lebih dikenal dengan sebuah FIRE ALARM SYSTEM.

PT. Indera Cipta Pratama sebagai penyedia jasa penginstalan dan peremajaan fire alarm system yang baik dan pemegang satu satunya brand PYROS di Indonesia, mampu membantu anda untuk pelindungan maksimal asset-asset perusahaan anda. Teknisi kami professional sehingga bisa kita ketahui asal dari lokasi mana sumber api itu datang dan apa pemicu terjadinya kebakaran tersebut, dengan demikian kita bisa menyimpulkan lebih akurat dan lebih efisen bahkan kita bisa menangani sebelum kebakaran itu menjalar kemana-mana.

Karena dengan system deteksi sebuah alat semua bisa diintergrasikan dengan alat baik melaui peringatan sebelum terjadi kebakaran besar maupun kecil hal ini bisa dideteksi dengan sebuah alat yang bernama SMOKE DETEKTOR PYROS, smoke detektor adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mendeteksi asap, dari alat tersebut asap yang terdeksi dapat disalurkan melalui pane alarm system, panel kontrol ini dapat diintgrasikan atau dapat dimonitor langsung pos security dengan menggunakan annuncitaor HEAT DETECTOR PYROS, alat ini berfungsi untuk mendeteksi panas atau api yang berada disekitar area yang dimana alat tersebut dipasang, alat ini biasa digunakan atau ditempatkan pada suatu tempat yang kemungkinan besar atau rentan terjadinya keluar api, seperti dapur, ruang genset dll. Demikianlah penjelasan tentang pentingnya sebuah alat yang dapat mencegah terjadinya kebakaran dan semoga menjadi tambahan wawasan bagi pembaca.  STAY AWARE with ICP! (AKW)

KECIL-KECIL DAMPAKNYA BESAR JUGA!