Trump Ancam Setop Bantuan Kebakaran karena Kebijakan Dikritik

ICP News — Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengancam akan menghentikan bantuan penanganan kebakaran lahan di California. Ancaman itu dilontarkan Trump setelah kebijakan soal lingkungan dikritik oleh Gubernur Gavin Newsom.

“Setiap tahun California selalu dilanda kebakaran, kemudian dia datang ke Pemerintah Federal untuk meminta bantuan, hanya itu tindakan yang dilakukan Gubernur,” kata Trump di Twitter.

Dua pekan terakhir California diguncang kebakaran lahan. Kobaran api melalap lahan seluas 40.000 hektare di negara bagian itu.

Newsom mengkritik pemerintahan Trump soal perlindungan lingkungan itu dalam sebuah wawancara dengan The New York Times.

Trump dan Newsom beradu argumen

“Kami sedang berperang melawan kebakaran paling merusak dalam sejarah negara kami,” kata politisi Demokrat itu dikutip AFP, Senin (4/11). “Dan Trump malah menyerang pencegahnya.”

Trump membalas Newsom dengan menuding sang gubernur tidak melakukan tugas dengan baik.

Trump juga mengungkit kebakaran yang menewaskan 86 orang di utara California tahun lalu.

Newsom langsung menanggapi ancaman Trump tersebut. Lewat Twitter, dia menepis kritikan. “Kalau Anda tidak percaya pada perubahan iklim ya terserah.”

Kebakaran hutan yang terjadi tahun ini tercatat sebagai yang terparah sepanjang sejarah

Trump dalam sejumlah kesempatan secara terbuka mempertanyakan konsensus ilmiah yang menyatakan aktivitas manusia mengancam perubahan iklim. Kekeringan turut berkontribusi pada kebakaran di California.

Pada 18 September lalu, pemerintahan Trump memutuskan untuk mencabut kewenangan California dalam menetapkan standar polusi kendaraan.

Kebakaran hutan yang terjadi tahun ini tercatat sebagai yang terparah sepanjang sejarah. Secara total api dilaporkan menghancurkan hampir 300 rumah, kebun anggur, dan hampir 77 ribu lahan. Kendati demikian hingga kini dilaporkan tidak ada korban jiwa akibat kebakaran.

Kebakaran ini terjadi ketika California memang sedang dalam kondisi darurat karena angin kencang dan suhu udara tinggi. Dengan tingkat kelembaban yang juga rendah, kebakaran sangat mudah terjadi.California merupakan salah satu daerah paling rawan kebakaran. Hampir setiap tahun, California dilanda kebakaran besar-besaran yang menyebabkan polusi udara tinggi. (kww)

Jika kebijakan ini juga diterapkan di Indonesia, bagaimana dengan keadaan Indonesia selanjutnya?

Melihat kebijakan dan argumen yang diberikan oleh trump menimbulkan pendapat yang pro maupun kontra karena kita juga perlu melihat penyebab dari kebakaran itu sendiri pemicunya berasal darimana, jika berasal dari alam memang pemerintah sudah selayaknya mendanai perlindungan lingkungan tersebut namun jika terdapat unsur kesengajaan dengan alasan kepentingan publik maka perlu dipertimbangkan kembali, sebenarnya bencana kebakaran seperti ini sudah sepantasnya yang bergerak tidak hanya pemerintah saja, kita semua juga turut menjadi unsur pendukung dalam perlindungan terhadap lingkungan dengan cara menghemat listrik dan air, menggunakan barang kebutuhan yang mudah terurai.

Jika melihat data Rekapitulasi Luas Kebakaran Hutan dan Lahan (Ha) Per Provinsi Di Indonesia Tahun 2014-2019 oleh sipongi.menlhk.go.id (Direktorat PKHL Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan RI) tercatat 44.411,36 hingga 857.755,00, artinya jumlah lahan yang terbakar semakin tinggi, sekelas negeri paman sam saja mengeluarkan kebijakan tersebut bagaimana jika kebijakan tersebut diberlakukan di Indonesia yang mana 99% kebakaran lahan adalah faktor kesengajaan.

Bagaimana pendapatmu fire fighterz?

Lalu Apa Aksi Anda untuk Perlindungan Lingkungan Seperti Ini?